Jumat, 28 Oktober 2011

sistem informasi Akuntansi pekan II

Pengendalian sistem informasi dan komputer
Saat ini,makin bnyak kita temukan perusahaan-perusahaan yang bergantung pada suatu teknologi informasi untuk memproses suatu bisnisnya dengan secara elektronik. Suatu organisasi atau perusahaan banyak menggunakan pengendalian sistem informasi untuk menjalankan bisnisnya,produksi dan pelayanan kepada konsumen. Suatu prusahaan jg tidak lagi kesulitan untuk membangun penghalang di sekeliling sistem informasinya serta mengunci orang yang ada di sekeliling kita atau yang ada di luar.dan sebaliknya mereka harus berbagi informasi menggunakan teknik untuk menghubungkan suatu sistem informasinya dengan semua pihak yang sering berinteraksi dengan mereka,yang bisa kita ketahui yaitu pelanggan,pegawai,mitra bisnis,pemegang saham dan bnyak lagi.suatu peningkatan hubungan ini membuat suatu sistem informasi lebih rentan dalam suatu masalah.
Untuk mencapai suatu keamanan dan pengendalian yang memadai atas adanya sumber daya informasi organisasi,kita harus mempunyai atau menjadi prioritas pihak manajemen puncak.oleh karena itu sistem informasi menjadi berkembang,dengan begitu juga pengendalian sistem informasi dan komputer internal.ketika suatu bisnis bergeser dari sistem manual ke sistem komputer utama,pengendalian baru harus di kembangkan untuk menurunkan atau mengendalikan resiko yang di bawa oleh sistem informasi berdasarkan komputer yang baru ini.oleh karena itu adanya pergeseran kelingkungan e-commersial berdasarkan internet,dan perlu kta ketahui pengendalian baru harus kita kembangkan untuk mengendalikan timbulnya resiko-resiko baru.
Ada 4 prinsip secara umum untuk menetapkan apakah suatu sistem andal atau tidak,adalah:
-ketersediyaan kita
-suatu sistem keamanan
-dapat kita pelihara dengan baik dan benar.
-integritas atau bersifat lengkap,akuran dan tepat waktu.

Pengendalian sistem informasi dan CIA
Adalah suatu komponen organisasi,mengumpulkan,mengklasifikasikan,mengolah atau menganalisa informasi finansial dan pengambilan keputusan yank relevan bagi pihak luar prusahaan dan pihak ekstern.
Dan CIA itu sendiri adalah suatu rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan,yang saling berinteraksi untuk mencapai sebuah tujuan.CIA hampir selalu terdiri dari beberapa subsistem kecil,yang masing-masing melakukan fungsi khusus yang penting untuk dn mendukung bagi sistem yang lebih besar.
*CIA terdiri dari lima komponen yaitu:
-orang-orang yang mengoprasikan sistem.
-prosedur-prosedur,baik manual ataupun otomatis.
-data tentang proses-proses bisnis organisasi.
-software yang di pakai untuk memproses data organisasi.
-infrastruktur teknologi informasi.
*Dan ada 3 fungsi pentingnya dalam organisasi CIA yaitu:
-mengumpulkan dan menyimpan suatu data tentang aktivitas-aktivitas.
-mengubah data menjadi informasi yang berguna.
-kita juga harus nyenyediakan pengendalian yang memadai.
Kita juga dapat mengetahui bahwa CIA juga dapat menambah nilai bagi organisasi.
Yaitu suatu model rantai nilai menunjukan bahwa CIA adalah aktifitas pendukum.jai CIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara kta bisa memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu.
Suatu CIA bisa kita rancang dan menambah nilai bagi organisasi dengan cara yaitu:
-memperbaiki kualitas.
-memperbaiki efesiensi.
-memperbaiki dengan cara mengambil suatu keputusan.
-berbagi pengetahuan kita dengan orang di sekitar kita maupun seluruh orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar